22.6.18

MIL The Series, Web Series Mangrover Masa Kini

Semarang - KeSEMaTBLOG. Mangrove Is Lifestyle The Series atau lebih dikenal dengan MIL The Series (MILTS) adalah web series yang menceritakan kisah-kisah keseharian dari seorang mangrover dengan mangrovenya, yang saat ini sudah memasuki musim yang keempat. Bpk. Ganis Riyan Efendi (AMaT), selaku sutradara menjelaskan bahwa MILTS awalnya adalah proyek percobaan dari KeSEMaT dalam memvisualisasikan jargonnya, yaitu Mangrove Is Lifestyle (MIL).


"Saat saya masih duduk di Kabinet KeSEMaT, dulu ada keinginan untuk dapat memvisualisasikan jargonnya KeSEMaT, yaitu MIL itu seperti apa. Nah, dibantu Mas Aris Priyono, selaku founder KeSEMaT, kami berdiskusi untuk mewujudkan format yang pas itu apa. Dari situ, mucullah MILTS," cerita sang Sutradara.

Sebagai informasi, MILTS berada dibawah manajemen MANGROVEMAGZ yang merupakan majalah mangrove online inisiasi dari KeSEMaT. Saat ini, MANGROVEMAGZ sendiri berada dibawah manajemen Yayasan IKAMaT.

MILTS mengalami perubahan konsep sejak awal diluncurkan, empat tahun yang lalu. MILTS Season 1 masih menceritakan kisah keseharian mangrover berupa video pendek berdurasi 15 detik, karena konsep awal MILTS memang bermula dari platform Instagram yang waktu itu masih membatasi durasi videonya maksimal 15 detik.

MILTS Season 2 agak berubah dari yang pertama, dimana konsep penyampaian berita mengenai informasi dan pengetahuan mangrove yang lebih ditonjolkan. Selain itu, konsep vlog juga mulai dikenalkan pada musim ini.

Selanjutnya, MILTS Season 3 mulailah era komedi. Bpk Ganis menjelaskan lebih lanjut bahwa setelah melakukan riset dengan tim, akhirnya mereka sepakat untuk mulai mengangkat tema komedi sebagai kekuatan utama di musim MILTS yang ketiga.

"Kami ingin tampil lebih fresh, ringan, namun mampu mengetuk alam bawah sadar para MILLER (sebutan untuk fans MILTS -red-), dengan cara selalu menyebutkan dua kata, yaitu Mangrove Ecopark di setiap episodenya," jelasnya. "Kami sadar, masyarakat sudah banyak yang tahu mangrove, tinggal memberikan edukasi yang pas saja, agar makin mempertebal rasa kecintaan mereka dengan mangrove," tambahnya.

MILTS Season 4, MANGROVEMAGZ masih bekerja sama dengan Dumatra Dumatri KeSEMaT yang sudah sejak sedari pertama selalu terlibat sebagai talent utamanya. MILTS di musim ini, masih mengangkat tema komedi yang ternyata berhasil meraup lebih banyak viewer.

"Komedi masih kami pertahankan di musim keempat. Dan sejak episode pertama musim ini tayang, viewer-nya melebihi musim sebelumnya. Respon MILLER juga luar biasa. Ini di luar ekspektasi kami. Banyak yang mendukung konsep ini, dan tak sabar menunggu kemunculan Iqbal dan Rina di setiap episodenya," tambah Sdr. Ilham Kuncahyo (staf MENKOMSI), yang memerankan karakter Iqbal, selaku tokoh utama di musim ini.

Adalah Sdri. Siska, salah satu MILLER yang mengaku sangat menyukai MILTS, khususnya musim keempat.

"Always nungguin Iqbal dan Rina tiap malam Minggu. Rame di kosan tiap kali episode barunya tayang. Lucu aja, suka dengan dramanya, komedinya, konflik-konfliknya mangrover. Jadi tahu gitu, lho, cerita-ceritanya mangrover dan mangrovenya itu gimana. Lagian, cantik-cantik dan ganteng-ganteng talent-nya. Paling suka episode TERGALAU. Kekinian banget, deh. Jadi betah," katanya.

Penasaran dengan MILTS Season 4? Di bawah ini kami tampilkan salah satu episodenya di Instagram mereka. Jangan lupa follow semua media sosial MILTS, karena web series ini tayang di semua media sosialnya setiap malam Minggu. Jangan sampai ketinggalan, ya. (ADM).