2.6.18

KeSEMaT Hadiri Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM KPA dan KKA se-Jawa Tengah

Ungaran - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 11 dan 12 Mei 2018, bertempat di salah satu hotel di Ungaran, KeSEMaT menghadiri undangan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam acara "Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas SDM Kelompok Pecinta Alam (KPA) dan Kader Konservasi Alam (KKA)."

"Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diundang oleh pihak panitia, sehubungan dengan keberhasilan KeSEMaT sebagai Juara 1 KPA se-Jateng dan juga Juara 1 KPA Tingkat Nasional, serta kiprahnya dalam mengembangkan dan mengkampanyekan mangrove dan melestarikan pesisir di Indonesia," jelas Sdr. Bachtiar Eka Budiyanto (MENPORSI).

"Acaranya sangat menarik. Di sini, kita dilatih bagaimana mengelola limbah sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Selain itu, ilmu bagaimana cara mengelola pesisir yang baik, juga bisa didapatkan disini," tambah Sdr. Hazim Helmi Susmanto (MENWIRA). 

Sebagai informasi, KeSEMaT sering mendapatkan undangan pelatihan-pelatihan, seperti ini. Keikutsertaan KeSEMaT dalam forum-forum seperti ini, tentu saja bertujuan untuk meningkatkan jiwa konservasi mangrove yang tertuang dalam motto KeSEMaT, yaitu Konservasi, Penelitian, Pendidikan, Kampanye dan Dokumentasi Mangrove.

"Pelatihan seperti ini juga sangat penting diikuti oleh KPA dan KKA dimanapun berada. Selain mendapatkan penglaman, kita juga akan mendapatkan ilmu bagaimana cara mengelola alam kita yang semakin lama semakin tidak kondusif," terang Sdr. Hatta Adi Failasuf (AMAT). 

Kedepan, KeSEMaT berencana terus mengikuti dan akan mengadakan kegiatan terkait peningkatan SDM KPA dan KKA di Indonesia, sebagai bentuk apresiasi dan dukungan bagi pelestarian ekosistem mangrove demi anak cucu kita dimasa mendatang. (ADM/HHS/BEB).