3.6.18

Press Release Mangrover Ngabuburit 2018: Ramadan Asyik Bersama Mangrover

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali menyelenggarakan program tahunannya KeSEMaT Goes To Community (KGTC) 2018 yang bertujuan untuk memperdalam ilmu mangrove para anggotanya dan berbagi pengetahuan dan informasi mangrove kepada masyarakat luas, yaitu Mangrover Ngabuburit (MN) 2018: Ramadan Asyik Bersama Mangrover. Diskusi dan Sharing Data Terkini Kondisi Mangrove Semarang dan Jawa Tengah. Selengkapnya mengenai MN 2018, dapat dicermati pada press release MN 2018, di bawah ini:

LATAR BELAKANG
Wilayah pesisir sebagai daerah peralihan antara ekosistem darat dan laut memiliki karakteristik fisik, biologi, sosial dan ekonomi yang unik dan layak untuk dipertahankan. Keanekaragaman potensi sumber daya alam di wilayah pesisir merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki peran sangat signifikan dalam pengembangan ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan masyarakatnya.

Pengembangan potensi sumber daya alam di wilayah pesisir tentunya akan melibatkan beberapa pihak terkait, seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya yang seyogyanya harus tetap mempertimbangkan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia, khususnya di daerah Pantai Utara Jawa sudah dalam taraf yang sangat memprihatinkan. Keadaan ini disebabkan karena beberapa faktor, antara lain konversi lahan hutan mangrove untuk dijadikan pertambakan, perumahan, daerah industri dan keperluan lainnya.

Abrasi merupakan salah satu masalah yang mengancam daerah pesisir yang dapat mengancam bangunan yang berbatasan langsung dengan laut. Kerusakan ini secara tidak langsung disebabkan oleh ketidakpedulian masyarakat dalam menjaga ekosistem mangrove yang pada dasarnya mempunyai fungsi sebagai penahan abrasi.

Untuk merehabilitasi hutan mangrove, dibutuhkan ketepatan daerah penanaman yang sesuai dengan lahannya. Kurangnya bantuan pemerintah dalam menyediakan data-data dan infromasi mengenai daerah yang berpotensi dapat ditanami mangrove menyebabkan sulitnya mencari data mangrove yang akurat di Jawa Tengah.

Informasi berupa data-data persebaran mangrove, lahan potensi penanaman mangrove dan persebaran spesies mangrove serta beberapa data mengenai mangrove lainnya, tidak hanya dibutuhkan oleh KeSEMaT saja, melainkan juga pemerintah daerah, komunitas lingkungan dan seluruh lapisan masyarakat yang peduli dengan lingkungan pesisir.

KeSEMaT dan Yayasan IKAMaT memiliki data-data dan informasi mengenai persebaran, keanekaragaman dan kerusakan mangrove yang berada di Semarang dan Jawa Tengah. Data-data dan informasi ini dapat digunakan oleh berbagai pihak yang membutuhkan dalam rangka pelaksanaan program rehabilitasi mangrove di daerahnya masing-masing.

Atas dasar-dasar tersebut di atas, maka KeSEMaT bekerja sama dengan Yayasan IKAMaT berinisiasi melakukan kegiatan Diskusi dan Sharing Data Terkini Kondisi Mangrove Semarang dan Jawa Tengah untuk umum, dengan harapan informasi mengenai persebaran mangrove, daerah potensi penanaman mangrove, pengenalan spesies mangrove dan informasi mangrove lainnya, dapat diakses secara lebih mudah oleh publik.

Setelah mendapatkan berbagai informasi mengenai mangrove, maka para peserta diharapkan mampu melakukan upaya rehabilitasi ekosistem mangrove dan akan lebih cinta terhadap lingkungan pesisirnya, sehingga upaya konservasi mangrove yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan terencana.

Konsep acara MN 2018 berupa pemaparan materi dan sharing data dan informasi mangrove serta diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara untuk menambah wawasan, kemampuan dan keterampilan para peserta dalam mengaplikasikan ilmu mangrove kepada masyarakat.

TUJUAN UMUM
Menyebarluaskan informasi berupa data mengenai kondisi ekosistem mangrove se-Jawa Tengah dan diskusi serta sharing kondisi mangrove terkini.

TUJUAN KHUSUS
1. Memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam identifikasi mangrove
2. Memberikan pengetahuan dan informasi mengenai daerah potensi penanaman mangrove
3. Memberikan pengetahuan dan informasi mengenai daerah pesisir Jawa Tengah yang terkena abrasi 4. Memberikan pengetahuan dan informasi mengenai data mangrove terkini di Jawa Tengah

WAKTU DAN TEMPAT
Semarang, 5 Juni 2018. Pukul 15.00 - 18.30 WIB. Ruang Komunitas Lantai 1, Pusat Informasi Publik (PIP), Balaikota Semarang, Jawa Tengah.

DESKRIPSI KEGIATAN
Konsep acara MN 2018 dibuat untuk memenuhi kebutuhan informasi para peserta, yang dalam hal ini adalah masyarakat umum yang memiliki kepedulian dalam bidang pelestarian ekosistem mangrove, yang memiliki dua agenda utama, yaitu sharing dan diskusi kondisi mangrove terkini di Jawa Tengah.

Acara dilakukan di dalam ruangan (indoor) dengan memberikan materi dan informasi mengenai data mengenai kondisi mangrove terkini yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

DESKRIPSI ACARA
SELASA, 5 JUNI 2018
Acara dimulai pada pukul 15.00 WIB. Sebelum acara dimulai, para peserta melakukan registrasi terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan agenda kedua, yaitu pemberian materi dan diskusi tentang kondisi mangrove terkini Semarang dan Jawa Tengah dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Acara ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama.

TEMA PELATIHAN DAN NAMA PEMBICARA
Tema: Sharing Data Terkini Kondisi Mangrove Semarang dan Jawa Tengah
Pembicara: Muhammad Faisal Rachmansyah, S.Kel (Direktur Utama Yayasan IKAMaT)

Materi:
1. Teknik pengambilan data mangrove
2. Pengenalan jenis-jenis mangrove
3. Persebaran mangrove di Jawa Tengah
4. Data-data kerusakan mangrove di Jawa Tengah
5. Data-data flora dan fauna mangrove di Jawa Tengah
6. Sharing data mangrove terkini di Jawa Tengah

PENDAFTARAN
Pendaftaran adalah gratis dan untuk umum. Deadline pendaftaran tanggal 4 Juni 2018 pukul 23.59 WIB. Dengan cara menghubungi contact person (CP) yang tertera di bawah ini.

FASILITAS
Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat, data-data mangrove terkini, ta’jil dan makan besar pada saat buka bersama.

KONTAK
Segala korespondensi berkenaan dengan MN 2018, dapat ditujukan kepada:
Sdr. Ilham Kuncahyo
Staf Menteri Komunikasi dan Publikasi (MENKOMSI)

HP. +6289 637 632 483 P. +6281 392 711 780
F. +6224 7474698 E. kesemat@gmail.com
W. https://kesemat.or.id

No comments:

Post a Comment