1.6.18

KeSEMaT Kenalkan Mas Bamat dan Mbak Jamat kepada SDI Al-Azhar 29 BSB, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 12 April 2018, mulai dari pukul 08.00 - 12.00 WIB, KeSEMaT sukses menyelenggarakan program tahunannya, yaitu KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2018 yang dilaksanakan di Semarang Mangrove Center (SMC) yang merupakan lokasi warga binaan KeSEMaT yang memproduksi jajanan dan batik mangrove berlabel Mas Bamat dan Mbak Jamat.

Tahun ini, KGTS 2018 bekerja sama dengan SD Islam (SDI) Al-Azhar 29 BSB, Semarang. Panitia KGTS 2018 mengonsep kegiatan penanaman, pengajaran dan pengenalan produk-produk mangrove dari warga binaan KeSEMaT untuk diinformasikan kepada para pelajar SDI Al-Azhar.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok, dimana secara bergiliran, kelompok pertama melakukan penanaman mangrove terlebih dahulu, sementara itu, kelompok kedua menuju rumah produksi Mas Bamat dan Mbak Jamat.

"Adik-adik SDI Al-Azhar belajar olahan mangrove dengan penuh semangat. Para peserta mendapat pendidikan seputar apa itu Mas Bamat dan Mbak Jamat, bagaimana proses pembuatannya dan pengolahannya, dan melihat langsung, juga mencicipi produk yang sudah jadi," terang Sdr. Bambang Jati Laksono (staf MENSETSI) selaku panitia acara.

Para peserta memperhatikan dengan seksama penjelasan dari Ibu Mufidah, selaku koordinator warga binaan KeSEMaT. Mereka juga terlihat senang saat dipersilakan untuk mencicipi kerupuk Mbak Jamat yang gurih, lezat dan mengandung karbohidrat yang tinggi.

Secara bergantian, kedua kelompok dikenalkan oleh KeSEMaT dengan mangrove, mulai dari cara menanam hingga mengolah buah mangrove.

"Kami merasa senang dapat menanam mangrove dan mencoba jajanan mangrove," kata salah satu peserta. "Ini pertama kali menanam mangrove dan kami senang," tambahnya. Sebelum penutupan, peserta dan panitia bersih diri.

Keseluruhan acara berlangsung sukses dan lancar yang diakhiri dengan foto bersama. (BJL/ADM).