10.10.10

Dua Buah Buku Mangrove Kami, Siap Edar ke Seluruh Dunia!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Setelah kurang lebih menunggu selama enam bulan, pada akhirnya dua buah buku mangrove yang kami tulis, berhasil diterbitkan dan siap diedarkan ke Indonesia dan dunia. Sebanyak kurang lebih dua ribu eksemplar, dua buah buku mangrove yang berjudul “Panduan Praktis Teknik Rehabilitasi Mangrove di Kawasan Pesisir Indonesia” dan “Beragam Produk Olahan Berbahan Dasar Mangrove”, hasil kerjasama dengan tiga mitra kerja kami, yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta, Mangrove For the Future (MFF) Thailand dan International Union for Conservation of Nature (IUCN) Swiss, siap dibagikan secara gratis dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai mangrove kepada warga dunia.

Untuk itulah, maka tak sia-sia kiranya, tim penulis mangrove kami, telah “mengurung diri” selama tiga bulan, di Kantor kami, untuk mengetik naskah siang malam, mengoreksi kata demi kata dan menghubungi beberapa mitra kerja kami untuk bersedia berkolaborasi, demi terciptanya dua buah buku mangrove, pedoman bagi masyarakat didalam mendayagunakan ekosistem mangrove di daerahnya, masing-masing.

Selanjutnya, kedua buah buku mangrove ini, bagaikan sebuah dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Buku pertama, yaitu “Panduan Praktis Teknik Rehabilitasi Mangrove di Kawasan Pesisir Indonesia” berfungsi mengkampanyekan ekosistem mangrove dari sisi ekologi yang saat ini informasinya memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat pesisir. Sementara itu, buku kedua, yaitu “Beragam Produk Olahan Berbahan Dasar Mangrove” berguna dalam memberikan penyadaran kepada masyarakat pesisir dunia, bahwa mangrove bisa didayagunakan dari segi ekonomi, tanpa meninggalkan sisi ekologisnya.

Buku mangrove yang akan diedarkan gratis di jaringan KeSEMaT, KKP, MFF dan IUCN, yang masing-masing menguraikan secara ringkas mengenai teknik praktis mengelola mangrove di pesisir dan teknik mengolah beragam bahan olahan berbahan dasar mangrove ini, dicetak secara eksklusif dengan desain artistik yang memikat.


Ditulis berdasarkan pengalaman langsung KeSEMaT di lapangan, selama sembilan tahun mengelola kawasan mangrove di pesisir Indonesia, buku-buku mangrove ini memiliki ukuran 21, 5 cm dan 15,5 cm dengan rata-rata ketebalan 50 halaman.

Dua buah buku mangrove ini, bagaikan sebuah oase yang sangat menyejukkan di tengah kering dan gersangnya buku-buku mangrove yang ditulis dan terbit di Indonesia. Semoga saja, dengan edarnya buku-buku mangrove kami, maka pengetahuan mangrove akan semakin mewabah dan menyerap lagi di berbagai lapisan masyarakat dunia. Amin. Semangat MANGROVER!