22.10.10

Kampanyekan Mangrove ke Akademisi, KeSEMaT Membagikan Buku Rehabilitasi dan Produk Olahan Mangrovenya, GRATIS di Delta Forum 2010!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 21 Oktober 2010, mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB, di acara Delta Forum (DF) 2010, bertempat di Hotel Grand Candi Semarang, KeSEMaT membagikan dua buah buku mangrovenya, yaitu “Panduan Praktis Teknik Rehabilitasi Mangrove di Kawasan Pesisir Indonesia” dan “Beragam Produk Olahan Berbahan Dasar Mangrove”, hasil kerjasama dengan tiga mitra kerjanya, yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta, Mangrove For the Future (MFF) Thailand dan International Union for Conservation of Nature (IUCN) Swiss.

Kedua buah buku mangrove KeSEMaT ini, ditulis oleh Bapak Aris Priyono (DK) yang berkolaborasi dengan para mitra kerja KeSEMaT lainnya, antara lain Ibu Lulut Sri Yuliani (perajin Batik Mangrove Surabaya), Bapak Mohson (ketua kelompok tani mangrove Wonorejo, Surabaya), Ibu Diah Ilminingtyas (dosen Teknologi Pertanian Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang), dan Bapak Tengku L. Hakim (Mangrove Action Project Indonesia – Yogyakarta).

Kedua buku mangrove KeSEMaT ini, dibagikan secara gratis oleh para KeSEMaTER kepada puluhan peserta DF 2010, yang terdiri dari beragam institusi di Indonesia. DF 2010 sendiri, adalah sebuah ajang pertemuan para akademisi dari Universitas Diponegoro (UNDIP), BAKOSURTANAL dan lain-lain, membicarakan mengenai delta. Pembagian kedua buku mangrove KeSEMaT ini, disambut sangat antusias dan positif oleh berbagai kalangan akademisi (lihat foto di atas) karena keberadaan buku-buku mangrove, seperti yang ditulis KeSEMaT ini, terbilang sangat langka, padahal informasi dan pengetahuannya, sangatlah dibutuhkan bagi para praktisi mangrove dan masyarakat umum untuk diaplikasikan di daerahnya masing-masing.


Setelah DF 2010, selanjutnya, KeSEMaT juga akan terus membagikan kedua buku mangrovenya ini, kepada masyarakat luas, dengan tujuan untuk mengkampanyekan pelestarian mangrove demi masa depan yang lebih baik.