10.10.10

Peringati Ulang Tahun Kesembilan, KeSEMaT Meluncurkan Buku Panduan Praktis Teknik Rehabilitasi Mangrove dan Beragam Produk Olahan Berbahan Dasar Mangrove

Semarang – KeSEMaTBLOG. Bertepatan dengan hari jadinya yang kesembilan, bertempat di Ruang Seminar Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, KeSEMaT sukses meluncurkan dua buah buku mangrove berjudul “Panduan Praktis Teknik Rehabilitasi Mangrove di Kawasan Pesisir Indonesia” dan “Beragam Produk Olahan Berbahan Dasar Mangrove”, hasil kerjasama dengan tiga mitra kerjanya, yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta, Mangrove For the Future (MFF) Thailand dan International Union for Conservation of Nature (IUCN) Swiss.

Kedua buah buku mangrove KeSEMaT ini, ditulis oleh Bapak Aris Priyono (DK) yang berkolaborasi dengan para mitra kerja KeSEMaT lainnya, antara lain Ibu Lulut Sri Yuliani (perajin Batik Mangrove Surabaya), Bapak Mohson (ketua kelompok tani mangrove Wonorejo, Surabaya), Ibu Diah Ilminingtyas (dosen Teknologi Pertanian Universitas Tujuh Belas Agustus Semarang), dan Bapak Tengku L. Hakim (Mangrove Action Project Indonesia – Yogyakarta).

Kedua buah buku ini, ditulis dan disusun oleh KeSEMaT, untuk menunjang program nasional pemerintah Indonesia, yaitu “Ayo Tanam Mangrove” (ATM). Melalui salah kementeriannya, yaitu KKP, buku mangrove ini akan diedarkan secara luas dengan tujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia dalam rangka turut serta bersama dengan pemerintah, menyukseskan program rehabilitasi mangrove Indonesia, untuk kehidupan mendatang yang lebih baik.


Kedua buah buku mangrove yang masing-masing dicetak secara eksklusif, yang dapat diperoleh secara gratis ini, akan diedarkan oleh KKP, MFF dan IUCN ke seluruh Indonesia dan dunia, di jaringan masing-masing. Bagi masyarakat umum yang ingin mendapatkan buku mangrove ini secara gratis, maka dalam beberapa waktu ke depan, KeSEMaT akan mengumumkan secara resmi bagaimana teknik mendapatkannya, melalui Jaringan KeSEMaTONLINE. Semangat MANGROVER!

No comments:

Post a Comment