1.10.10

KeSEMaT dan LPPSP Talk Show Bersama, Kearifan Lokal dalam Penanganan Bencana, LIVE dari Radio TRAX FM Semarang!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 1 Oktober 2010, mulai pukul 09.00 WIB -10.00 WIB, KeSEMaT dan LSM Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumberdaya Pembangunan (LPPSP) telah melakukan talk show bersama, sekaligus mengkampanyekan penyelamatan lingkungan hidup, LIVE dari Radio TRAX FM, 90.2 FM Semarang. Kampanye lingkungan yang bertema "Kearifan Lokal dalam Penanganan Bencana” ini, adalah sebuah program pendidikan lingkungan, yang dilakukan secara road show dari radio ke radio di Semarang dan sekitarnya, yang diinisiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, LPPSP dan United Nations for Development Programme (UNDP) melalui programnya, yaitu Safer Communities through Disaster Risk Reduction (SC-DRR).

Program talk show lingkungan yang dipandu oleh dua orang penyiar TRAX FM ini, berlangsung sangat kondusif, dimana materi yang disampaikan secara bergantian oleh KeSEMaT, yang diwakili oleh Bapak Aris Priyono (Programme Officer) dan Ibu Indra Kertati Gunarto (LPPSP), mampu memancing banyak minat pendengar radio yang memiliki segmentasi muda hingga dewasa, ini. Puluhan pertanyaan dan SMS yang masuk ke ruang siar, semakin menyemarakkan studio TRAX FM, yang sekaligus membuktikan bahwa kepedulian masyarakat Semarang dan sekitarnya dengan lingkungan hidup, masih tinggi.

Beberapa hal yang disampaikan oleh KeSEMaT dan LPPSP didalam talk show ini antara lain mengenai konsep kearifan lokal, pemberdayaan masyarakat, tsunami, pengetahuan mangrove, pemanasan global dan fenomena-fenomena kerusakan alam dan teknik penanggulangannya, yang dikemas dengan sangat baik, sehingga menciptakan suasana yang akrab antara penyiar, nara sumber, dan pendengar. Setelah semua pertanyaan dari pendengar dijawab tuntas oleh KeSEMaT dan LPPSP, acara ditutup dengan penutupan dan foto bersama.