11.10.10

KeSEMaT Membantu Program Penanaman Tujuh Ribu Bibit Mangrove di Mangunharjo Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 10 Oktober 2010, mulai pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB, para KeSEMaTER yang dikoordinatori oleh Bapak Sapto Pamungkas (Programme Campaigner), telah melakukan penanaman 3000 bibit mangrove di Mangunharjo Semarang, untuk membantu masyarakat pesisir Mangunharjo didalam menyelamatkan kawasan pesisir mereka dari terjangan abrasi. Program penanaman mangrove dengan jumlah total mencapai 7000 bibit mangrove ini, diikuti oleh sepuluh orang KeSEMaTER dan KeMANGTEER, dan diikuti juga oleh perwakilan dari Universitas Pandanaran Semarang dan IKIP PGRI Semarang.

Lokasi penanaman mangrove yang berada di bibir pantai, membuat akses menuju ke lokasi dilakukan dengan menggunakan perahu. Panasnya matahari yang menghujam bumi, tidak lantas menyurutkan para KeSEMaTER dalam menancapkan satu persatu bibit Rhizophora ke lumpur mangrove yang basah.

Setelah proses penanaman mangrove selesai, para KeSEMaTER menyempatkan diri untuk beristirahat, sembari berdiskusi dengan para kelompok tani mangrove Mangunharjo dan mendengarkan keluh kesah mereka didalam mengelola kawasan mangrovenya di pesisir pantai mereka. Kegiatan diakhiri dengan rapat kecil mengenai persiapan Mangrove Day 2010, yang akan dilaksanakan di akhir Okober 2010.