18.10.10

KeSEMaT Sukses Selenggarakan MANGROVE TRAINING 2010 di Kawasan Hutan Mangrove Desa Pasar Banggi Rembang

Rembang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 16 – 17 Oktober 2010, KeSEMaT sukses menyelenggarakan program penelitian tahunannya, yaitu MANGROVE TRAINING (MT) 2010, yang kali ini mengambil tema Aplikasi Metode Remote Sensing dan Teknik Analisa Vegetasi Mangrove untuk Pengembangan Penelitian Ekosistem Mangrove. MT 2010 dipusatkan di kawasan hutan mangrove Desa Pasar Banggi Rembang, yang dikelola dengan sangat baik oleh Bapak Suyadi dan kelompok tani mangrovenya. MT 2010 yang dikonsep sebagai acara intern ini, diikuti oleh kurang lebih 25 KeSEMaTER dan KeMANGTEER yang diawali dengan sarasehan dan diskusi mengenai mangrove dan pengelolaannya, di kediaman Bapak Suyadi.

Program penelitian mangrove tahunan KeSEMaT yang berlangsung selama dua hari ini, juga diikuti dengan pelatihan pembibitan dan penanaman mangrove serta pelatihan pengambilan data dan analisa vegetasi struktur komunitas mangrove oleh para Praktisi Mangrove KeSEMaT, yang dilakukan langsung di hutan mangrove Desa Pasar Banggi Rembang.

Data yang didapatkan dari MT 2010 ini, akan dijadikan oleh KeSEMaT sebagai data dasar bagi pengembangan SDM KeSEMaT, didalam mengerjakan berbagai program dan proyek mangrove dengan para mitra kerjanya.