19.10.10

INI Dia, Teknik Praktis Membibitkan Sonneratia!

Rembang – KeSEMaTBLOG. Bagaimana cara membibitkan Sonneratia? Pertanyaan inilah yang seringkali ditanyakan oleh masyarakat kepada kami di Jaringan KeSEMaTONLINE. Sonneratia atau Pidada, merupakan jenis mangrove yang memiliki tipe buah normal, dimana dalam satu buah terdapat ratusan biji-kecil yang terkadang sangat sulit untuk dibibitkan, yang seringkali terlihat membusuk dan kering sewaktu dibibitkan di polybag. Untuk itulah, berikut ini kami tampilkan teknik praktis membibitkan Sonneratia, yang kami dapatkan langsung dari sang Maestro Mangrove dari Rembang, yaitu Bapak Suyadi. Selamat mempraktekkan.

Cara membibitkan Sonneratia adalah sebagai berikut
1. Ambil buah Sonneratia yang telah matang, yang dicirikan dengan telah pecahnya buah secara alami, atau yang telah jatuh ke tanah.
2. Satu buah Sonneratia, akan memiliki ratusan biji yang siap untuk dibibitkan.
3. Rendamlah biji buah Sonneratia dengan air tawar, selama dua hari, hingga kulit bijinya terkelupas dan berkecambah.
4. Ambillah biji buah Sonneratia yang telah terkelupas dan berkecambah tersebut, lalu bibitkan di tanah berpolybag. Bila perlu, tanah bisa ditambahkan pupuk kandang, untuk membantu proses pertumbuhan biji Sonneratia.
5. Cara membibitkannya adalah dengan menancapkan bagian yang lebih panjang dari bijinya, ke dalam tanah.
6. Siramlah dengan air tawar minimal satu kali dalam sehari, bisa pagi atau sore hari.
7. Bibitkan selama tiga bulan hingga berdaun enam (3 pasang).
8. Apabila sudah berdaun enam, maka bibit Sonneratia telah siap untuk ditanam di lokasi penanaman (di tanah pasir-berlumpur).
9. Hama yang biasa menyerang biji Sonneratia selama pembibitan adalah tikus dan semut. Untuk itu, letakkanlah lokasi persemaian Anda di area yang aman dari tikus dan semut.
10. Lokasi persemaian bisa diadakan di pekarangan rumah dan atau tempat lain yang terlindung dari sinar matahari secara langsung.
11. Setelah ditanam, jangan lupa untuk memelihara bibit Sonneratia Anda, dengan cara melakukan program penyulaman, apabila ditengarai terdapat bibit-bibit mangrove yang mati, selama ditanam di lokasi penanaman.
12. Selamat mencoba dan mempraktekkan!