28.4.18

Press Release KeSEMaT Goes To School 2018: Mangrover’s Friend. Pengajaran dan Tanam Mangrove di Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diumumkan kepada masyarakat luas bahwa KeSEMaT Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro yang bekerja sama dengan Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 29 BSB, Semarang akan menyelenggarakan program KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2018: MANGROVER’S FRIEND dengan jargon Mangroveku Sahabatku.

Rekan-rekan pers dan media yang ingin meliput kegiatan ini, dapat mencermati press release, di bawah ini:

LATAR BELAKANG
Hutan mangrove merupakan ekosistem yang khas yang terdapat di daerah pantai tropis. Hutan mangrove mengandung sumber daya alam yang sangat melimpah dalam hal nilai ekonomis serta fungsi ekologisnya.

Fungsi hutan mangrove yang paling utama adalah sebagai pencegah abrasi, pencegah intrusi air laut, tempat perkembangbiakan flora dan fauna sehingga hutan mangrove senantiasa harus selalu dijaga kelestariannya.

Pengelolaan hutan mangrove sangat dibutuhkan untuk mempertahankan keutuhan hutan mangrove. Rehabilitasi kawasan hutan mangrove yang telah rusak serta melakukan perbaikan kualitas suatu kawasan pesisir dapat dilakukan dengan jalan menanam vegetasi mangrove di kawasan tersebut.

Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki kapasitas serta keterampilan yang siap pakai untuk melaksanakan hal itu.

Atas dasar pemikiran tersebut, maka KeSEMaT mengadakan suatu kegiatan yang dinamakan KeSEMaT Goes to School (KGTS) 2018 yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 29 BSB, Semarang.

Selanjutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk menindaklanjuti program KGTS 2017: MANGROVEDUCATION.

TUJUAN UMUM
Sarana untuk menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove, umumnya kepada kalangan pelajar, khususnya kepada pelajar Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 29 BSB, Semarang.

TUJUAN KHUSUS
1. Memberi pengertian, pengetahuan dan informasi singkat mengenai mangrove secara umum serta hasil olahan mangrove kepada pelajar Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 29 BSB, Semarang.
2. Menindaklanjuti program KGTS 2017 MANGROVEDUCATION: Learn More, Gain More.

DESKRIPSI KEGIATAN
Acara akan dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada tanggal 12 April 2018. Tema KGTS 2018 kali ini adalah ”MANGROVER’S FRIEND: Mangroveku Sahabatku.”

Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB s/d pukul 11.25 WIB, dengan berbagai kegiatan sebagai berikut, di bawah ini:

Rangkaian kegiatan dimulai menuju ke kawasan Mangkang bersama siswa/i kelas 4 SD Islam Al-Azhar 29 BSB, Semarang. Kegiatan akan dimulai dengan penyampaian materi mengenai mangrove secara umum.

Siswa/i akan dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian siswa/i akan memasuki tiga pos, yaitu:
1. Pos penanaman mangrove.
2. Pos batik dan jajanan mangrove KeSEMaT.
3. Pos games.

Selanjutnya, masuk kegiatan pos ke pos dimana pada pos pertama akan dilakukan penanaman, pada pos kedua akan diperkenalkan mengenai batik mangrove KeSEMaT (Mas Bamat) dan penjelasan singkat pembuatan batik mangrove KeSEMaT, dan akan diperkenalkan juga mengenai produk-produk yang ada di jajanan mangrove KeSEMaT (Mbak Jamat).

Selanjutnya di pos ketiga terdapat pos yang sangat menarik, yaitu pos games.

JADWAL KEGIATAN
Berikut ini adalah jadwal kegiatan KGTS 2018 selengkapnya:
Hari/tanggal: Kamis, 12 April 2018
Waktu: 08.30 s.d. 11.25 WIB
Tempat: Mangunharjo, Semarang, Jawa Tengah

SUSUNAN ACARA
Penyampaian Materi Utama: 08.30 – 08.50 WIB
Pos Batik dan Jajanan Mangrove: 08.50 – 09.30 WIB
Pos Penanaman Mangrove: 09.30 – 10.10 WIB
Games dan Hiburan: 10.10 – 10.30 WIB
Penutup dan Penghargaan: 10.30 – 11.00 WIB
Foto Bersama: 11.00 – 11.25 WIB

KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KGTS 2018 dapat ditujukan kepada:

Sdr. Raditya Rizki Ananta
Staf Menteri Pendidikan dan Penelitian KeSEMaT
HP +6285777437374

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Mahasiswa dibawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Semarang.

Kantor KeSEMaT Semarang
Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang, 50263 Jawa Tengah - Indonesia
P. +6281392711780 F. +62247474698
E. kesemat@gmail.com W. https://kesemat.or.id

Demikian press release ini kami sampaikan. Semoga kegiatan ini dapat memberikan pembelajaran, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove dan meningkatkan kepedulian masyarakat, terutama generasi penerus bangsa akan pentingnya kelestarian alam, terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerja sama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. (RRA/IK/ADM).

No comments:

Post a Comment