2.6.13

Pelatihan Jajanan Mangrove, “Diserbu” Mahasiswa KKN UGM!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 1 Juni 2013, kami melatih teknik dasar pembuatan jajanan mangrove (Jamang) kepada mahasiswa KKN UGM, Yogyakarta, yang akan melakukan KKN di Papua. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali mereka dengan pengetahuan pembuatan Jamang, agar bisa diimplementasikan di Papua, dimana penduduk lokal di sana, kabarnya juga bersentuhan langsung dengan mangrove.

Setelah menginap semalam di kantor kami, mereka bertujuh belas, dilatih langsung oleh Bapak Sapto Pamungkas (KeMANGI) dan Sdr. Kamto Wahyono (DP) selaku pemilik Mas Jamang, dengan presentasi mengenai ekosistem mangrove dan pengolahan buahnya, berupa teori di ruangan, yang langsung dilanjutkan dengan kunjungan ke warga binaan kami, di Mangkang Wetan, Semarang, untuk praktek langsung pembuatan Jamang.

Pembuatan Jamang dipandu oleh koordinator warga binaan, mulai dari proses panen buah, perlakuan buah menjadi tepung, pengolahan tepung menjadi jamang hingga pemasaran produk dan program pelestarian mangrove dengan konsep Kebun Jamang.

Para mahasiswa nampak antusias dan “menyerbu” dengan banyak pertanyaan seputar pengolahan Jamang, sebagai bekal pengetahuan mereka nanti, di Papua. Keseluruhan acara berlangsung dengan baik dan lancar yang ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Tim KKN UGM kepada Presiden KeSEMaT, dan foto bersama.