8.6.13

Temu Kangen Dengan Pak Yadi, Guru Mangrove Kami

Rembang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 1 Juni 2013, mulai pukul 19.30 WIB - 21.00 WIB, tiga IKAMaTER, yaitu Sdr. Isna Bahtiar (IKAMaT VI), Sdr. Muhamad Ikhsan Sri Hartadi (IKAMaT VI) dan Sdr. Windy Indra Ardiansyah (IKAMaT VII) silaturahmi dan temu kangen dengan Bapak H. Suyadi (Pak Yadi) di Rembang. Beliau adalah tokoh masyarakat pesisir pengabdi lingkungan konservasi hutan mangrove di Pasar Banggi, Rembang. Berikut ini adalah reportasenya. 

Saat bertemu dengan Pak Yadi, banyak sekali yang kami diskusikan terkait dengan kegiatan konservasi hutan mangrove. Salah satu kegiatan yang terbaru saat ini adalah program pemberdayaan perempuan RANTAI EMAS (Rehabilitasi Pantai Entaskan Masyarakat Setempat) dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Tahun 2013.

Setelah kurang lebih empat tahun lamanya tidak melihat kawasan konservasi hutan mangrove di Rembang, akhirnya pada hari Minggu, 2 Juni 2013 pukul 06.00 - 08.00 WIB, kami bertiga meluangkan waktu sejenak untuk mengunjungi kawasan konservasi hutan mangrove di Desa Pasar Banggi dan melihat rencana kawasan Mangrove Center di Rembang.

Kami takjub dengan kondisi ekosistem mangrove yang sekarang. Ekosistem mangrove tumbuh menjulang tinggi ke langit dan tumbuh lebat. Untuk itu, mari kita jaga kelestarian ekosistem mangrove agar produksi ikan lestari dan bermanfaat untuk kita semua.

Pertemuan dan silaturahmi seperti ini, tentu saja semakin mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan antar IKAMaTER dengan tokoh-tokoh yang peduli lingkungan, yang salah satunya seperti Bapak H. Suyadi. Semangat MANGROVER!