10.10.24

Hapus Jejak Emisi Karbon di Bumi, PPK Ormawa KeSEMaT UNDIP Tanam dan Pantau 1.000 Bibit Mangrove di SMC Jateng, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Tim Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) KeSEMaT sukses menyelenggarakan kegiatan penanaman dan pemantauan 1.000 bibit mangrove di Semarang Mangrove Center (SMC) Jawa Tengah (Jateng) yang berlokasi di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian implementasi Program Kelurahan Maritim Unggul Mangunharjo. (9/9/2024).

Penanaman mangrove ini melibatkan berbagai pihak, di antaranya kelompok petambak, kelompok Bina Citra Karya Wanita (BCKW) selaku warga binaan KeSEMaT, anak-anak kelompok Aksi Si Kecil (ACil), UKM KSR PMI UNDIP, Seacrest, dan masyarakat sekitar.

Hadir pula Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing) yang mendampingi kegiatan tersebut bersama beberapa perwakilan dari Dinas Perikanan Kota Semarang dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 - 12.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Sdr. Ananda Hadi Wijaya (staf MENDIKTAN), selaku koordinator lapangan.

“Kegiatan penanaman dan pemantauan mangrove ini merupakan salah satu langkah nyata kami dalam menjaga ekosistem mangrove di pesisir untuk mendukung produktivitas masyarakat,” ujar Sdr. Aditya Ardinugraha Maulana Azhari (staf MENSETSI), selaku ketua PPK Ormawa. “Melalui kegiatan ini, kami berharap agar masyarakat Mangunharjo semakin menyadari pentingnya peran mangrove dalam menjaga lingkungan untuk mendukung perekonomian lokal,” lanjutnya.

Sebanyak 1.000 bibit mangrove jenis Rhizophora berhasil ditanam oleh para peserta. Penanaman dan pemantauan mangrove ini diharapkan juga akan dapat mengurangi abrasi, menciptakan habitat alami bagi berbagai biota laut, mendukung produktivitas tambak, dan menghapus jejak emisi karbon di bumi.

"Penanaman mangrove adalah langkah penting untuk menghapus jejak emisi karbon di bumi dan menjaga kelestarian lingkungan di pesisir SMC Jateng," ungkap Sdr. Ananda. "Kami sangat bersemangat melihat antusiasme masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan ini," lanjutnya.

Keseluruhan kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan sesi foto bersama, dengan harapan bahwa semangat melestarikan mangrove terus berkembang agar dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar. (ADM/AAMA/AP).

No comments:

Post a Comment