10.10.24

Implementasikan PPK Ormawa 2024, KeSEMaT Sukses Gelar Pembentukan dan Peresmian Kelompok Kader Masyarakat dan Penyerahan Bantuan Pengadaan Sarana dan Prasarana kepada Kelompok Kelurahan Maritim Unggul di Mangunharjo, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Tim Program Penguatan Kapasitas (PPK) Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) KeSEMaT UNDIP kembali sukses menyelenggarakan salah satu rangkaian program PPK Ormawa 2024, yaitu Pembentukan dan Peresmian Kelompok Kader Masyarakat dan Penyerahan Bantuan Pengadaan Sarana dan Prasarana kepada Kelompok Kelurahan Maritim Unggul Mangunharjo. Kegiatan ini, diselenggarakan di Balai Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah. (31/8/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 09.30 – 11.00 WIB ini, dihadiri oleh berbagai stakeholder terkait, di antaranya pemerintahan, organisasi kemahasiswaan, warga binaan KeSEMaT, dan masyarakat setempat.

Acara diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya dan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Dinas Perikanan Kota Semarang, Dinas Koperasi  dan UMKM Kota Semarang, Lurah Mangunharjo, dan Ketua PPK Ormawa KeSEMaT.

Dalam sambutannya, Sdr. Aditya Ardinugraha Maulana Azhari (staf MENSETSI), selaku Ketua PPK Ormawa KeSEMaT menyampaikan harapannya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, maka akan dapat menjadi satu langkah yang baik untuk meingkatkan produktivitas kelompok.” kata Sdr. Aditya. “Kami juga berharap agar seluruh pihak terkait dapat berkolaborasi dalam mewujudkan Kelurahan Maritim Unggul Mangunharjo sehingga lebih berdaya dalam mengelola sumber daya mangrove dan pesisir yang ada,” lanjutnya.

Sambutan dilanjutkan oleh Ibu Ita Masithoh, S.Pi., M.Si (Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kota Semarang) yang berharap agar kelompok tani tambak Mina Berdaya Mangunharjo yang dibentuk oleh KeSEMaT dapat menjadi kelompok yang mandiri sehingga dapat mengelola tambaknya dengan baik.

"Kedepan, semoga Dinas Perikanan Kota Semarang juga akan dapat berkontribusi-lebih dalam membantu kelompok tani tambak Mina Berdaya Mangunharjo yang dibentuk oleh Adik-adik KeSEMaT," kata Ibu Ita.

Agenda selanjutnya, yaitu penyerahan SK Legalitas Kelompok Kader Masyarakat Baru yang dibentuk oleh KeSEMaT, yang meliputi Kelompok Tani Tambak Mina Berdaya Mangunharjo dan Kelompok Pengolah Sampah Aksi Si Kecil (ACil). SK diberikan kepada Lurah Mangunharjo kepada masing-masing ketua kelompok kader masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sarana dan prasarana dari KeSEMaT kepada kelompok kader masyarakat, berupa alat pencetak pakan, oven, dan mesh.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan diskusi pengelolaan mangrove, limbah sampah plastik, dan perikanan. Keseluruhan acara berlangsung dengan baik dan lancar yang ditutup dengan doa dan foto bersama. (ADM/AP/AAMA).

No comments:

Post a Comment