13.10.24

PPK Ormawa KeSEMaT Sukses Gelar Pendampingan Produksi Cendol Mangrove Instan kepada Bina Citra Karya Wanita di Sentra Produksi Olahan Mangrove, SMC Jateng, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Tim PPK Ormawa KeSEMaT sukses menggelar Program Pendampingan Produksi Cendol Mangrove (CeMang) Instan kepada Bina Citra Karya Wanita (BCKW) di Sentra Produksi Olahan Mangrove (SPOM), SMC Jateng, Semarang. Kegiatan ini merupakan implementasi dari salah satu rangkaian Rancangan Kelurahan Maritim Unggul Mangunharjo yang digagas oleh Tim PPK Ormawa KeSEMaT 2024. (28/9/24). 

Acara dimulai pada pukul 13.00 - 16.00 WIB yang dilaksanakan di SPOM, SMC Jateng, Semarang. Kegiatan dihadiri oleh anggota kelompok BCKW dan PPK Ormawa KeSEMaT. 

Kegiatan dimulai dengan persiapan bahan yang diperlukan untuk produksi CeMang instan, yaitu tepung maizena, santan bubuk, tepung mangrove, gula aren bubuk, gula pasir, garam, dan vanili.

Tak lupa, juga dilakukan persiapan alat alumunium foil, sealer, dan timbangan elektrik.

“Bahan-bahan yang digunakan untuk produksi CeMang instan ini, antara lain tepung maizena, santan bubuk, tepung mangrove, gula aren bubuk, gula pasir, garam, dan vanili,” kata Dimas Saktia Widianto (staf MENPORSI), selaku tim PPK Ormawa KeSEMaT. "Tepung mangrove sangat berperan penting dalam menciptakan rasa khas mangrove pada CeMang instan," lanjutnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penimbangan bahan sesuai dengan takaran dan pengemasan ke dalam alumunium foil serta proses sealer.

“Proses sealer dilakukan untuk menjaga kualitas CeMang instan agar tahan lama,” kata Ibu Mufidah (Ketua BCKW). "Tepung mangrove yang digunakan dari jenis buah mangrove lindur atau Bruguiera gymnorrhiza sehingga memiliki kandungan karbohidrat tinggi. CeMang instan ini praktis, lezat, dan bergizi tinggi," lanjutnya.

Setelah ini, CeMang yang sudah memiliki P-IRT dan sedang dalam proses sertifikasi halal sudah siap dipasarkan, yang tentunya akan melengkapi produk-produk olahan mangrove BCKW sebelumnya, seperti peyek, stik, dan kerupuk mangrove yang sudah terlebih dahulu dipasarkan. 

Keseluruhan acara berjalan dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan foto bersama. (ADM/DSW/AP).

No comments:

Post a Comment